• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow
home
Spirit Kewirausahaan : Berguru Pada Bambu PDF Cetak E-mail
Entrepreneurship
Senin, 14 Juli 2014 16:02

1.Sebelum tumbuh akar bambu lebih dulu mengutkan dirinya sendiri, meskipun berakar serabut, pohon bambu tahan terhadap terpaan angin kencang, dengan kelenturannya dia mampu bergoyang bak seorang penari balet, fleksibilitas itu lah bambu. gerak yang mengikuti arus angin …tetapi tetap kokoh berdiri di tempatnya mengajarkan kita sikap hidup yang berpijak pada keteguhan hati dalam menjalani hidup walau penuh cobaan dan tantangan, namun tidak kaku.

2.Akar Bambu memiliki struktur yang unik karena terkait secara horizontal dan vertikal, sehingga dia tidak mudah ptah dan mampu berdiri kokoh untuk menahan erosi dan tanah longsor di sekitarnya, hikmah yang dapat kita ambil adalah bahwa agar kita mampu berguna baik untuk diri kita sendiri dan orang lain, sehingga akan membuat hidup kita lebih bermakna dan bermanfaat dalam kehidupan kita.

 
Kemenpora ToT Penggerak Wirausaha Pemuda PDF Cetak E-mail
Berita Terbaru
Selasa, 01 Juli 2014 11:32

Kementerian Pemuda dan Olahraga RI melalui Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda menggelar Trainer of Trainer (ToT) penggerak wirausaha pemuda, 24-27 Juni 2014 di Hotel Serela Waringin, Bandung Jawa Barat.

Kegiatan yang diikuti 40 orang penggerak wirausaha dari berbagai latar belakang ini diharapkan dapat mencetak para trainer-trainer yang mampu mengisi materi dan memandu program pelatihan bagi para penggerak wirausahawan muda.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali dengan metode dan teknik-teknik pengembangan kewirausahaan pemuda melalui pelatihan, pemagangan, pembimbingan, pendampingan, kemitraan, promosi dan bantuan akses permodalan.

Selain narasumber dari Asdep kewirausahaan pemuda Kemenpora, diundang pula narasumber dari inkubator bisnis dari beberapa kampus antara lain dari UGM, Unpad Bandung, Univ. Udayana, Penasehat tim wiratif GKN kemenko perekonominan, Bapak Sudrajat Rasyid,praktisi dan pengelola wirausaha muda mandiri, Ibnu Wahid Fakhruddin dengan tim fasilitator bapak Zul Ichsan, Andang Kirana dan Sujianto. Sementara, Direktur LPB Makassarpreneur, Bahrul ulum membawakan materi seputar modul "Start and Improve Your Business" atau SIYB yang dikembangkan lembaga buruh internasional (ILO).

 

1.Sebelum tumbuh akar bambu lebih dulu mengutkan dirinya sendiri, meskipun berakar serabut, pohon bambu tahan terhadap terpaan angin kencang, dengan kelenturannya dia mampu bergoyang bak seorang penari balet, fleksibilitas itu lah bambu. gerak yang mengikuti arus angin …tetapi tetap kokoh berdiri di tempatnya mengajarkan kita sikap hidup yang berpijak pada keteguhan hati dalam menjalani hidup walau penuh cobaan dan tantangan, namun tidak kaku.

2.Akar Bambu memiliki struktur yang unik karena terkait secara horizontal dan vertikal, sehingga dia tidak mudah ptah dan mampu berdiri kokoh untuk menahan erosi dan tanah longsor di sekitarnya, hikmah yang dapat kita ambil adalah bahwa agar kita mampu berguna baik untuk diri kita sendiri dan orang lain, sehingga akan membuat hidup kita lebih bermakna dan bermanfaat dalam kehidupan kita. Detail..

Mari kita renungkan sepenggal kisah salah seorang entrepreneur dari Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Adalah Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu, salah seorang yang berangkat hijrah ke negeri Madinah dari Mekah tanpa berbekal apapun, beliau melangkah menuju Allah dan Rasul-Nya. Sesampainya para sahabat di Madinah, masing-masing mendapatkan seorang rekan dari penduduk Madinah yang dijalinkan persahabatan mereka oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abdurrahman bin Auf mendapatkan rekan Sa’ad Bin Rabi Al Anshari radhiallahu ‘anhuma. Saking kuat persahabatan yang dijalinkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam antara mereka, Sa’ad bin Rabi’ serta merta berkata pada Abdurrahman. “Silahkan ambil separuh hartaku untukmu.” Namun, apa jawaban Abdurrahman? Beliau menolak dengan halus seraya berkata, “Terima Kasih, Semoga Allah memberkahi hartamu, tunjukkan saja padaku di mana letak pasar!”

Detail..

Senin, 18 Maret 2013 sebanyak 80 ribu pemuda dan masyarakat menghadiri puncak peringatan Gerakan kewirausahaan Nasional (GKN) tahun 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam acara ini hadir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menko Polkam Djoko Suyanto, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (II) lainnya. Dengan mengangkat tema “Spirit Global Entrepreneurship”, acara ini menjadi ajang sosialisasi semangat berwirausaha masyarakat Indonesia, utamanya pemuda.

Penciptaan lapangan kerja saat ini menjadi sangat relevan  di tengah fenomena sekitar 200 juta orang di seluruh dunia tidak memiliki pekerjaan.  Bank Dunia memperkirakan 600 juta pekerjaan harus diciptakan pada tahun 2020, terutama di beberapa negara berkembang, guna mengimbangi pertumbuhan populasi penduduk.

Detail..

Tahun 2012 yang segera berlalu memberikan sejumlah catatan, baik itu berupa prestasi, kegagalan maupun stagnasi. Di bidang ekonomi, pertumbuhan ekonomi cukup positif di tengah ketidakpastian ekonomi global. Demikian halnya gerakan pengembangan kewirausahaan di tahun 2012 yang perlu mendapat apresiasi positif.

Sepanjang tahun 212, gerakan pembudaayaan kewirausahaan begitu massif dilakukan. Pemerintah melalui berbagai kementerian, pihak swasta, NGO dan lembaga internasional mengembangkan berbagai program terkait kewirausahaan. Hal ini tidak terlepas dengan makin terbagunnya kesadaran, sebagaimana diungkap Wapres Budiono bahwa para wirausahawan (enterpreneurs) adalah para pemimpin bangsa yang membawa perubahan dan pembaharuan. Peran mereka sangat strategis dalam pembangunan ekonomi. Bahkan sesungguhnya, peran kewirausahaan sangat dibutuhkan di berbagai bidang untuk melakukan pembaharuan di negeri ini.

Detail..

Rekomendasi Akhir Tahun Makassarpreneur

Bidang Ekonomi

—Akselerasi Pengentasan Kemiskinan Berbasis Entrepreneurship—

 

Tak terasa tahun 2013 telah berakhir dan fajar tahun 2014 sudah menyingsing. Berbagai peristiwa telah terjadi di Indonesia selama tahun 2013 ini. Beberapa  peristiwa penting untuk ditelaah kembali menyangkut bidang politik, ekonomi, berbagai aktivitas dan kebijakan DPR/MPR, Presiden, Wakil Presiden, dan Kabinet Indonesia Bersatu maupun aneka persoalan langsung yang menimpa rakyat. Pengkajian dan analisis terhadap persoalan-persoalan tersebut menjadi sangat urgen bagi bagi bangsa ini untuk menyusun agenda kedepan. Yaitu sebuah agenda yang ditujukan untuk mengangkat kejayaan bangsa, utamanya mensejahterahkan rakyat Indonesia.

Kita berharap, berbagai peristiwa, gonjang ganjing maupun kebijakan pemerintah, politisi serta para elite di negeri ini dapat dijadikan pembelajaran untuk kebaikan di bangsa ini di masa mendatang. Tujuannya agar masalah yang dihadapi bangsa akan berputar di situ-situ juga. Diantara retorika sosial pemerintah, libido kepentingan partai, syahwat kekuasaan para elit, dan realitas kumuh kehidupan rakyat. Detail..

Online Support

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini50
mod_vvisit_counterMinggu ini50
mod_vvisit_counterBulan ini50
mod_vvisit_counterSemua hari373718

We have: 8 guests online
IP Anda: 54.166.111.111
 , 
Today: Okt 25, 2014