• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
home : Berita : Berita Sekilas : Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan
Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan PDF Cetak E-mail
Berita Sekilas
Jumat, 18 November 2011 13:45

Sejumlah aktifis dan pengusaha perempuan hadir dalam diskusi bulanan yang diadakan oleh Asosiasi Pengusaha Muslimah (Alisa) Khadijah ICMI Sulsel bekerjasama dengan IRI 'Pelangi' di Rumah Makan Wong Solo Jalan Sultan Alauddin Makassar, Rabu, (16/11/11)

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Dra Masniar Khadijah Mappasawang selaku Ketua Alisa Khadijah ICMI Wilayah Sulawesi Selatan sekaligus Ketua Alumni IRI `Pelangi'. Diskusi dengan mengangkat tema "Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan" ini diikuti dengan penuh semangat oleh kurang lebih tiga puluh peserta yang hadir. Adapun materi dibawakan oleh Rahmatia Nuhung, salah satu pengurus Alisa Wilayah Sulsel bidang Pengembangan UKM yang juga adalah sekretaris Makassarpreneur.

Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan beberapa hal terkait peran perempuan dalam kewirausahaan. Dimana ketika perempuan mampu bergerak pada sektor riil dengan memiliki atau bergabung dalam kewirausahaan, disertai dengan kemampuan teknik dan pengelolaan kewirausahaan tersebut tanpa meninggalkan fungsinya dalam keluarga dan rumah tangga, ditambah dengan kemampuan mengeliminasi kendala yang ada serta didukung oleh berbagai stake holder terkait, maka akan muncul kekuatan ekonomi yang sangat besar yang berasal dari potensi perempuan itu sendiri, yang pada akhirnya akan mengelaborasi kesulitan perekonomian bangsa seperti saat ini.

Namum di satu sisi, peran perempuan dalam isu kewirausahaan masih lemah. Data Badan Pusat Statistik tahun 2007, bahwa kontribusi perempuan dalam ekonomi masih tertinggal dibanding dengan penduduk laki-laki.

Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan baru mencapai 49,5 persen sementara tingkat partisipasi penduduk laki-laki sudah mencapai 83,7 persen. Pengangguran terbuka penduduk perempuan sebesar 11,83% di banding penduduk laki laki 8,5%. Dengan gambaran ini,maka kontribusi nyata Alisa Khadijah ICMI dan IRI Pelangi sangta diharapkan.

Sebagaimana diketahui, Alisa Khadijah ICMI dan IRI 'Pelangi' adalah dua organiasasi yang keseluruhan anggotanya adalah aktifis perempuan yang memiliki visi yang sama dalam memberdayakan kaumnya. Diskusi ini sendiri adalah program rutin yang dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi antar anggota untuk mengembangkan potensi mereka demi terciptanya sinergitas yang kokoh dalam meningkatkan taraf hidup kaum perempuan Indonesia. Dengan hadirnya kedua organisasi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peerbaikan ekonomi bangsa yang sudah cukup lama.

 

Comments  

 
0 #2 ridwan fasih rasyid 2011-11-23 11:11
terus tebar virus wirausaha... bravo!!!
Quote
 
 
0 #1 ridwan fasih rasyid 2011-11-23 11:10
terus tebar virus wirausaha... Baravo!!!
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Online Support

Bappeda Sosialisasi Pengembangan UMKM Lorong

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Makassar menggelar sosialisasi pengembangan usaha mikro dan industri rumah tangga lorong melalui klinik bisnis terpadu (KBT).

Acara yang diikuti sekitar seratus orang peserta ini dilaksanakan di Hotel Mercure Makassar, Senin (23/5). Acara dibuka secara resmi oleh Ismunandar, Staf Ahli walikota bidang peningkatan kualitas manusia. Hadir pula Sekretaris Bappeda Nur Kamarul Zaman dan kepala bidang ekonomi Muhammad Asfat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bahrul ulum dari Makassarpreneur, Muh. Nurfitrani dari PLUT KUMKM Sulsel, Dr. Andi Nur Bau Massepe (akademisi Unhas) dan Dr. Mukhlis Sufri (UMI Makassar), dengan dipandu Dr. Johansyah dari Bappeda Makassar.

 

Dalam sambutannya Ismunandar mengatakan, pemberdayaan ekonomi  lorong merupakan program unggulan Pemkot Makassar dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Ibarat sel dalam tubuh, lorong menjadi basis kekuatan perekonomian dengan memperkuat industri atau usaha mikro dan kecil berbasis lorong, tambahnya.

Read more text

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini118
mod_vvisit_counterMinggu ini118
mod_vvisit_counterBulan ini118
mod_vvisit_counterSemua hari373786

We have: 33 guests online
IP Anda: 54.234.13.175
 , 
Today: Nov 14, 2018